Sejarah Berdiri, Berkembang dan Terciptanya Blackberry
Kumpulan Sejarah -
Blackberry saat ini banyak di gunakan di negara-negara lain terutama di
Indonesia. Di berbagai toko handphone kini turut meramaikan dengan
berbagai promo mengenai Blackberry. BlackBerry
adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push
e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet,
dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Blackberry ini di buat oleh perusahaan yang bernama Research in Motion (RIM). RIM didirikan oleh seorang imigran Yunani bernama Mike Lazaridis di kota Waterloo, Kanada.
BlackBerry
ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1997. Sejak peluncurannya pada
tahun 1999, BlackBerry telah berhasil meraup lebih dari 8 juta pelanggan
di seluruh dunia.
Awalnya, BlackBerry ingin dinamakan POCKET
LINK, dan hampir juga dinamakan STRAWBERRY karena mirip dengan buah
strawberry, namun kandas karena terkesan lembek dan akhirnya perangkat
komukasi ini dinamakan BlackBerry.
Di Indonesia sendiri, BlackBerry
diperkenalkan pertama kali pada pertengahan bulan Desember 2004 oleh
operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub ini
sebenernya adalah Rekan utama BlackBerry di Indonesia dan menjadi bagian
dari layanan dalam segala hal teknis mengenal instalasi BlackBerry
melalui operator Indosat. Indosat sendiri menyediakan layanan BlackBerry
Internet Services dan BlackBerry Enterprise Server. Namun di tahun
2006, Indosat menangani sendiri kerjasama BlackBerry dengan produsen
asal Canada, RIM (Research In Motion), untuk memasarkan BlackBerrynya.
Selain Indosat, BlackBerry yang resmi saat ini dijual melalui operator
XL, telkomsel, AXIS, dan lainya.
Kemunculan BlackBerry di
Indonesia bisa dikatakan sangat sukses, dimana saat itu informasi
mengalir tiada henti, dan untuk akses untuk mendapatkan informasi
tersebut bisa digolongkan cukup mahal di Indonesia. Namun dengan
BlackBerry semua masalah itu bisa terselesaikan dengan mudah.
Pertumbuhan
pasar BlackBerry memang mengejutkan, khususnya setelah perangkat
komunikasi ini dijual untuk konsumen umum (ritel / individual). Dalam
tempo empat bulan setelah layanan BlackBerry On Demand diluncurkan
Indosat jumlah pelanggan bertambah 15 ribu, dan angka ini yang cukup
fantastis.
Saat ini target penjualan BlackBerry mencapai 100 ribu
unit. Mungkinkah tercapai? Saat ini Pertumbuhan BlackBerry dari tahun
ke tahun selalu tinggi. Kurun waktu tahun 2004 – 2005, pertumbuhannya
25%. Tahun 2006 naik 50%. Tahun 2006 – 2007 tumbuh 100%. Tahun 2007 –
2008 berkembang 250%. BlackBerry yang paling disukai saat ini adalah
BlackBerry Curve 8520, BlackBerry Bold 9780, BlackBerry javelin 8900.
Untuk harga, Harga BlackBerry Curve 8520 adalah harga BlackBerry yang
digolongkan paling murah. Sehingga di tahun ini, peningkatan penjualan
BlackBerry Gemini ini sangat pesat.
Referensi:
http://www.ukafahrurosid.com/2009/04/sejarah-blackberry-di-indonesia.html
http://www.ceriacell.com/sejarah-terciptanya-blackberry/
http://smartphoneindonesia.blogspot.com/2011/06/sejarah-blackberry-dan-kemunculannya-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar